Penyebab Leptop Tidak Mau Menyala Dan Solusinya

Penyebab Leptop Tidak Mau Menyala Dan Solusinya - Ada banyak permasalahan yang sering dialami oleh para pengguna leptop, apalagi leptop yang digunakan sudah tidak baru lagi salah satunya yaitu leptop tidak mau menyala. 

Permasalahan leptop tidak mau menyala ini sebetulnya bermacam- macam, bisa saja leptop sudah dihidupkan lampu indikator menyala tapi layar tetap layarnya mati atau tetap hitam, atau juga leptop menyala sebentar lalu mati lagi, atau juga leptop menyala kemudian hidup lagi dan mati lagi. 

Dari beberapa kasus yang pernah admin alami terkait leptop mati atau tidak mau nyala ada beberapa kemungkinan, jadi kita akan mencoba memeriksa dan membahas tentang apa saja yang harus kita periksa jika leptop tidak mau menyala,


Biasanya leptop tidak mau menyala ini karena ada beberapa komponen leptop tidak berfungsi atau bahkan rusak berat dan tentunya harus segera diganti terutama komponen leptop yang berhubungan dengan power leptop dan baterai. 

Penyebab Leptop Tidak Mau Menyala dan Cara Memperbaikinya

Masalah Baterai Leptop

Baterai Leptop yang bermasalah bisa menyebabkan leptop tidak mau menyala, seperti baterai yang dayanya habis total ini bisa mengakibatkan leptop tidak mau menyala, 
Solusinya silahkan sobat Charger dulu baterainya minimal 5 Menit kemudian coba nyalakan kembali leptopnya. Jika leptop tetap tidak mau menyala silahkan sobat copot baterai leptop dan nyalakan kembali. jika leptop bisa menyala berarti permsalahan terjadi karena baterai leptop yang rusak dan harus diganti.

Komponen Power Yang Bermasalah

Komponen power yang rusak dapat menyebabkan leptop mati atau tidak mau menyala, silahkan sobat cek apakah adaptor leptop dan socket DCnya masih bagus

RAM Rusak

Masalah lain yang menyebabkan leptop mati salah satunya yaitu karena RAM yang Rusak, silahkan sobat buka RAM Leptop dan kemudian bersihkan konektornya dan pasang kembali jika leptop tetap tidak mau menyala berarti RAM Leptop sobat yang bermasalah

Adaptor Bermasalah

Daya listrik yang tidak lancar karena adaptor leptop yang tidak berfungsi atau rusak bisa menyebabkan leptop tidak mau menyala. solusinya coba gunakan charger leptop teman atau leptop yang lain yang sesuai lebih bagus satu merk.

Masalah Pada Mainboard

Apabila semua komponen leptop dalam kondisi baik, processor bagus, komponen power bagus, charger bagus, Ram Bagus, Adaptor bagus tetapi layar leptop tetap tidak mau menyala maka bisa dipastikan bahwa mainboards leptop yang bermasalah. 
Solusinya silahkan sobat lepas semua komponennya seperti DVD, Hardisk, Wifi Card dan yang lainnya kemudian silahkan bersihkan MainBoards nya, setelah dibersihkan kemudian pasang kembali semua komponen yang sudah dilepas tadi, seperti DVD, Hardisk, Wifi Card dan yang lainnya kemudian cek apakah mainboard bisa berjalan atau tidak.

Apabila leptop bisa menyala kemungkinan kerusakan pada komponennya seperti DVD, Hardisk atau komponen yang lainnya, coba lihat dengan teliti apakah ada komponen mainboard yang terbakar atau tidak. 

Mengatasi komputer yang tidak mau menyala memang cukup repot dan bikin pusing, jadi admin sarankan silahkan sobat percayakan pada ahlinya.

Demikian artikel Penyebab Leptop Tidak Mau Menyala Dan Solusinya yang bisa admin bagikan, semoga bermanfaat.

0 Response to "Penyebab Leptop Tidak Mau Menyala Dan Solusinya"

Posting Komentar