Cara Mudah Mengetahui Tipe Partisi GPT Atau MBR Pada Windows 10

Seperti yang kita ketahui bahwa tipe partisi komputer sekarang ini ada 2 macam yaitu MBR ( Master Boot Record) dan GPT (Guide Partition Table) apakah ada perbedaan dari 2 tipe partisi ini, tentu saja ada tapi yang admin ketahui bahwa partisi MBR ini merupakan tipe partisi paling lawas dan ada batasan ruang penyimpanannya kalau tidak salah tipe MBR ini ruang penyimpanan dibatasi sampai 2TB, sedangkan tipe GPT hadir sebagai solusi untuk mengatasi kekurangan pada tipe MBR yaitu GPT hadir tanpa ada batas ruang penyimpanan.

Mengetahui Tipe Partisi pada komputer atau leptop sobat pada beberapa kasus sangat dibutuhkan dimana kita bingung atau belum mengetahui apakah tipe partisi komputer/ leptop kita itu tipe MBR atau GPT.
cara mengetahui tipe partisi komputer/ leptop kita GPT atau MBR

Hal ini pernah saya alami ketika waktu itu saya menginstal ulang komputer  namun pada akhirnya mandek ditengah jalan karena tipe partisi HDD komputer berbeda, saya membuat bootable MBR sedangkan partisi leptop yang akan di instal ualng Tipe partisi GPT. maka tidak ada salahnya kita harus mengetahui tipe partisi komputer / leptop kita terlebih dahulu.

Cara Mudah Mengetahui Tipe Partisi GPT Atau MBR Pada Windows 10

Untuk mengetahui tipe partisi komputer atau leptop sobat kita bisa menggunakan CMD/ Command Prompt dengan langkah sebagai berikut :

  • Buka Command Prompt as Administrator.
  • Ketikan perintah diskpart
  • Ketikan perintah list disk untuk melihat drive yang ada.
  • Sobat bisa melihat pada kolom Gpt, dimana jika tipe partisi yang digunakan adalah GPT, maka akan ada tanda bintang (*). Jika tidak ada, maka itu artinya tipe partisi tersebut adalah MBR.
Pada contoh gambar diatas merupakan tipe partisi komputer admin dimana pada kolom GPT tidak ada tanda bintang (*) artinya tipe partisinya adalah MBR. 

Demikian cara mudah mengetahui tipe partisi komputer sobat GPT atau MBR. semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Mengetahui Tipe Partisi GPT Atau MBR Pada Windows 10"

Posting Komentar