Tips Cara Cek Leptop Bekas Yang Berkualitas


Tips Cara Cek Leptop Bekas Yang Berkualitas - Pembelian laptop bekas dapat menjadi alternatif bagi yang membutuhkan laptop, tetapi memiliki budget yang terbatas atau mungkin hanya ingin menggunakannya sebagai media belajar komputer anak. Membeli laptop bekas memang harganya lebih murah dibandingkan dengan membeli laptop baru, jadi dapat menekan pengeluaran menjadi semakin kecil. 

Dalam membeli barang second, tentunya akan terdapat beberapa kekurangan, terutama dari segi kualitas. Bagaimana pun kondisi laptop bekas pakai akan sangat berbeda dengan laptop baru, tergantung dari perawatan pengguna laptop sebelumnya. Maka dari itu, kita harus pintar dalam memilih jika ingin membeli laptop bekas.

Untuk orang yang awam dalam kepemilikan laptop, seringkali mereka kurang memahami bagaimana cek kondisi laptop bekas yang mereka beli. Maka dari itu ada baiknya untuk mengetahui cara cek laptop second, agar tidak tertipu untuk membeli barang palsu atau original. 

Dengan begitu anda tidak akan merasakan penyesalan sebelum terlanjur untuk membelinya. Dengan telah mengecek kondisi laptop, dan terbukti memiliki kondisi yang bagus. Maka anda akan mendapatkan keuntungan dengan harga yang jauh lebih murah telah mendapatkan laptop dengan kualitas yang tidak kalah bagus dengan laptop baru. 


Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara cek laptop bekas sebelum membelinya.
Agar lebih jelas dan lebih dimengerti, berikut ini admin akan memberikan sedikit tips tentang cara cek laptop bekas untuk mengetahui kondisi barang.

Tips Cara Cek Leptop Bekas Yang Berkualitas

Perhatikan merk
Walaupun memutuskan untuk membeli laptop bekas, bukan berarti juga mengesampingkan merk untuk mendapatkan harga murah. Jadi, pastikan untuk membeli laptop bekas dengan brand/ merk yang ternama dan terkenal dan sudah mempunyai reputasi yang baik. Misalnya saja membeli merk lenovo, samsung, asus, sony dan lain-lain.

 Cek Kondisi Fisik Laptop
Cara berikutnya adalah dengan mengecek kondisi fisiknya. Biasanya laptop bekas memiliki beberapa goresan, namun Anda harus lebih memperhatikan pada bagian sisi pojok laptop. Cek apakah terdapat cacat akibat benturan atau tidak. Selanjutnya cek segel apakah laptop sudah pernah dibongkar atau belum. Cara melihatnya adalah dengan memperhatikan kondisi mur yang berada pada bagian bawah laptop. Selain itu, tanyakan juga apakah hardware laptop pernah diganti sebelumnya, karena hal ini bisa mempengaruhi kondisi laptop tersebut.

Cek Speaker Laptop
Meskipun tidak mempengaruhi kinerja laptop, namun akan lebih baik lagi apabila kondisi speaker dari laptop tersebut masih dalam keadaan bagus. Cek kondisi speaker dengan cara mencoba menyetel beberapa lagu MP3 atau video dan dengarkan mengatur volume secara baik. Jika suara masih keras dan normal itu berarti keadaanya masih bagus.

Cek Monitor
Cek terlebih dahulu kondisi monitor dengan menggunakan software monitor test. Software ini kan membatu dalam mengetahui adanya Dead Pixel dan Dot Pixel.

Cek Semua Tombol Keyboard
Untuk mengecek keyboard, cobalah untuk mengetikkan sesuatu untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada keyboard.

Cek Baterai
Baterai adalah bagian yang sangat penting untuk laptop, maka sebelum membeli, cek terlebih dahulu apakah beterainya masih normal atau tidak.
Itulah beberapa tips tentang cara cek laptop bekas. Semoga bermanfaat dan membantu dalam mebeli laptop bekas yang berkualitas. Namun semua itu juga tergantung dari diri anda sendiri, jika memang sudah sreg membeli barang, maka sebaiknya langsung dipilih. Mengingat tingkat kenyamanan dalam membeli barang tiap orang akan berbeda-beda.


0 Response to "Tips Cara Cek Leptop Bekas Yang Berkualitas"

Posting Komentar