Wajib Diketahui! Inilah Beberapa Penyebab Leptop Cepat Panas

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Panas merupakan musuh terbesar bagi leptop, apalagi panas yang berlebihan tentunya akan menggangu performa dan kinerja leptop itu sendiri dan yang paling penting pemilik leptop akan merasa was-was dan khawatir tentunya.

Leptop yang cepat panas atau Overheat biasanya terjadi pada leptop yang digunakan sudah lama dan jarang terjadi pada leptop yang masih baru,biasanya leptop yang masih baru panasnya masih wajar-wajar saja.

Jika dibandingkan dengan Komputer ( PC) Leptop cenderung lebih cepat panas, hal itu tentunya dipengaruhi oleh perbedaan Desain sebuah PC dan Leptop, Dimana PC memiliki ruang yang cukup luas sehingga sirkulasi udara dalam PC lebih baik, sedangkan leptop terbilang lebih sempit apalagi leptop keluaran terbaru yang lebih tipis tentunya komponen didalamnya pun akan berhimpitan sehingga sirkulasi udara dalam leptop kurang begitu baik. maka tidak heran jika leptop akan cepat panas jika digunakan apalagi penggunaanya terlalu lama.


Penyebab Leptop Overheat Atau Cepat Panas

Panas pada leptop dalam batas wajar itu tidak masalah namun ketika leptop ketika dipakai panasnya berlebihan maka ini yang akan menjadi masalah bahkan jika dibiarkan ini akan menjadi masalah besar nantinya.

Pada artikel ini Tonjong Blog akan membahas sedikit tentang apa saja yang membuat leptop cepat panas atau Overheat yang tentunya bisa sobat hindari ketika tidak ingin leptop kesayangan sobat Overheat. Berikut ini adalah beberapa penyebab leptop Overheat atau cepat panas yang wajib sobat ketahui

1. Penggunaan Leptop Yang Terlalu Lama

Sudah bukan rahasiah lagi jika penggunaan leptop yang terlalu lama dapat memicu terjadinya leptop cepat panas, terlebih jika jika digunakan untuk kegiatan atau hal yang terlalu berat seperti main Game Online, Desain Grafis dan lain sebagainya, apalagi ditambah leptop digunakan diruangan tertutup maka tidak heran jika leptop yang terlalu lama digunakan akan cepat panas.

2. Penempatan Leptop Yang Salah

Ketika kita menggunakan leptop terkadang penempatan leptop yang kita gunakan kurang kita perhatikan, padahal itu tentunya sangatlah penting sebab terkadang kita sembarangan meletakan leptop yang sedang menyala/ digunakan dan secara tidak sadar lobang sirkulasi udara terhalang sehingga sirkulasi udara pada leptop menjadi tidak normal dan ujungnya leptop akan cepat panas akibat sirkulasi udara terganggu dan akibatnya akan semakin cepatnya peningkatan suhu leptop sobat.

3. Alas Leptop Yang Kotor

Hal ini memang jarang terjadi, tetapi tidak sedikit orang yang kurang begitu memperhatikan ketika menggunakan leptop diruangan yang kurang bersih, banyak debu atau kotoran kecil lainnya, biasanya kotoran dan debu tersebut akan terhisap oleh kipas leptop sehingga jika terjadi terus menerus maka kotoran dan debu akan melekat dibagian dalam leptop sehingga komponen-komponen didalamnya kinerjanya akan terganggu

4. Kipas Leptop Yang Tidak Berfungsi Normal

Kejadian Kipas tidak berjalan mungkin kita akan cepat mengetahui dan tanggap, namun ketika kipas leptop yang sobat gunakan lemah sehingga kurang berfungsi dengan baik terkadang kita sulit mengetahuinya secara kipas tersebut masih berputar. namun penyakit leptop kipas tidak berfungsi dengan normal jika dibiarkan dapat mengakibatkan leptop yang sobat gunakan overheat atau cepat panas yang ujungnya tentunya mempengaruhi kinerja leptop itu sendiri.

5. Terma Paste kering

Processor merupakan komponen leptop yang cepat panas dibandingkan dengan komponen lainnya. nah biasanya dibagian processor ini dikasih semacam GEL yang berfungsi untuk mengurangi panas pada processor. namun ketika gel tersebut kering otomatis akan berakibat processor  leptop cepat panas. Therma Paste kering biasanya terjadi pada leptop yang digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama.

Demikian artikel yang wajib diketahui oleh sobat beberapa penyebab leptop cepat panas, dan untuk cara mengatasi leptop cepat panas akan admin bagikan pada arikel selanjutnya. Semoga bermanfaat

0 Response to "Wajib Diketahui! Inilah Beberapa Penyebab Leptop Cepat Panas"

Posting Komentar