Pengertian Internet Dan Intranet

Pengertian Internet dan Intranet Internet dan intranet mungkin sudah digunakan sebagian dari kita semua dalam melaksanakan aktivitas sehari -hari. tetapi, ternyata banyak dari kita yang belum tahu secara pasti apa itu internet dan intranet.

Istilah internet berasal dari bahas latin " Inter" yang berarti antara secara kata perkata internet berarti jaringan antara atau penghubung, internet sendiri disingkat dari kata interconnection networking yang mempunyai pengertian  hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia ( jaringan komputer global ) melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link,satelit dan sebagainya.

Jadi, internet meruapakan sekumpulan komputer yang terhubung menjadi satu dalam sebuah jaringan komputer yang berada di seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya sebagai sarana berkomunkasi dan menyebarkan informasi.

Oleh karena internet merupakan sebuah jaringan, maka sebuah komputer yang terhubung dengan internet akanterhubung dengan komputer yang berada diseluruh dunia. Dalam mengatur integrasi dan kompunkasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/ IP

TCP ( Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar. Addapun IP ( Internet Protocol ) secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih data, memilih rute alternatif jjika suatu rute tidak dapat digunakan,mengatur, dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Dengan demikian komputer yang terhubung dengan jaringan internet akan dapat mengakses berbagai informasi secara gratis dengan jumlah yang tidak terbatas. Internet dapat diakatakan sebagai sumber data dan informasi serta sarana pertukaran data dan infromasi tanpa adanya jarak fisik dari komputer dan dalam waktu yang sangat cepat.

Dengan adanya internet, memungkinkan setiap orang dapat mengakses informasiitu, kita dapat saling bertukar informasi secara global di seluruh dunia tanpa batas institusi , dimensi ruang dan waktu.

Selain internet ada juga sitem komunkasi jaringan yang bersifat lokal, mirip dengan internet. yaitu Intranet ( Intraconnected Network ) merupakan perkembangan dari LAN ( Lokal Area Network) dengan mengadopsi teknologi internet, Intranet merupakan sebuah jaringan khusus dengan sistem dan prinsip yang sama dengan internet. Intranet dapat dikatakan merupakan internet yang dibuat dalam lingkup lokal.

Intranet biasanya digunakan oleh perusahaan,lembaga pendidikan, oraganisasi dan lain-lain. misalnya jaringan komputer PT Telkom seluruh Indonesia. Intranet berfungsi mengmunikasikan komputer satu dengan yang lainnya, persis seperti internet tetapi layanannya terbatas, tidak luas dan seberagam di internet.

Intranet juga menggunakan protokol TCP/ IP. Protocol ini memungkinkan suatu komputer mengirim dan memberi alamat data ke komputer lain sekaligus memastikan pengiriman data sampai tujuan tanpa kurang apapun.

Di Indonesia Intranet telah digunakan oleh beberapa prusahaan, walaupunterbatas pada prusahaan komputer dan industri besar lainnya.

0 Response to "Pengertian Internet Dan Intranet"

Posting Komentar