5 Cara Mengatasi Keyboard Dan Mouse Tidak Berfungsi Saat Instal Windows

5 Cara mengatasi keyboard dan mouse tidak berfungsi saat instal windows - Halo sahabat Tonjong Blog pada malam kali ini ane akan membagikan bagaimana cara mengatasi Keyboard yang tidak bisa di tekan saat masuk bios dan biasanya kendala seperti ini ditambah dengan mouse yang tidak berfungsi, kejadian seperti ini pernah ane alami ketika menginstal windows baru, Flashdisk udah ditancapkan di komputer tapi pas waktu " fress any key to boot.... " malah keyboardnya tidak bisa di pencet alhasil proses terlewatkan dan masuk ke windows sebelumnya.

Kejadian Keyboard tidak bisa jalan saat masuk bios ini bikin ane mumet, sempat ane berfikir jika keyboardnya sudah rusak dan musti di ganti dengan keyboard baru, tetapi sesudah masuk windows asal ane coba buka notepad dan menulis sembarangan ternyata keyboard berfungsi dengan baik.
5 Cara Mengatasi Keyboard Dan Mouse Tidak Berfungsi Saat Instal Windows

Karena penasaran, ane coba shut down komputernya dan mencoba lagi mengistal windows dan lagi - lagi kejadian sama terjadi lagi ketika muncul tulisan fress any key to boot..... keyboard tidak aktif sehingga prosesnya pun kembali terlewatkan, Mungkin sobat juga mengalami hal yang sama seperti ane....

Baca Juga : Cara Ampuh Mengatasi Windows Tidak Bisa Diinstal Di Partisi Baru

Akhirnya ane coba browsing mencari bagaimana solusi mengatasi keyboard yang tidak bisa digunakan sama sekali ketika komputer sudah masuk bios tetapi jika sudah masuk ke windows keyboard dan mouse berjalan lancar, setelah hampir satu jam ane browsing dengan membuka beberapa website dan blog yang menyediakan panduan mengatasi keyboard error saat booting dan akhirnya masalah keyboard terselesaikan, dan proses instal ulang pun berjalan dengan lancar.


Cara Mengatasi Keyboard Dan Mouse Tidak Berfungsi

Nah jika sobat mengalami hal yang sama, berikut ini ane bahas 4 solusi mudah mengatasi keyboard tidak bisa di klik saat booting

1. Pindahkan sambungan keyboard 
Coba sobat pindahkan Sambungan keyboardnya ke port yang lain. Hal ini dikhawatirkan jika port usb nya bermasalah sehingga keyboard tidak berjalan dengan normal.

2. Setting Bios
Masuk ke Bios kemudian cari menu USB Keyboard Support, Biasanya pada settingan defaultnya disable, untuk itu silahkan sobat rubah menjadi Enable,

3. Gunakan keyboard Ps/2
Jika Sobat menggunakan Keyboard USB coba ganti dengan keyboard Ps/2 ,Biasanya pada langkah ini masalah akan teratasi, Namun jika masalah masih belum teratasi lanjut ke langkah berikutnya.
memperbaiki keyboad tidak bisa di klik dengan keyboard ps/2

Baca Juga : Cara Memperbaiki Toucpad Leptop Tidak Bergerak atau Tidak Berfungsi

4. Matikan Fast Boot
Fast Boot adalah fitur BIOS yang berfungsi mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk boot komputer. Bila diaktifkan, maka anda tidak dapat menekan F2 untuk masuk ke Bios Untuk itu coba matikan fitur ini, caranya :

  • Matikan Komputer/ Leptop dengan cara shut down dan pastikan sistem sudah dimatikan, jika kurang yakin silahkan copot baterenya
  • Tekan tombol  Power dan tahan. Sistem akan memancarkan tiga beep pendek dari speaker laptop/PC. (Coba pasang  headphone ke jack audio panel depan untuk mendengar bunyi bip).
  • Setelah bunyi beep tersebut, lepaskan tombol power 4 detik sebelum komputer akan shutdown.
  • Tombol power akan ditampilkan, silahkan tekan tombol F3 untuk menonaktifkan Fast Boot.
5. Copot Batere Cmos
Cara ini merupakan cara yang bekerja pada masalah ane, masalah keyboard tidak berfungsi bisa teratasi dengan menyopot batere Cmos sekitar 3 menitan kemudian di pasang lagi. dan silahkan di coba apakah waktu booting keyboard sobat sudah bisa di gunakan atau tidak.

Demikian Artikel Cara mengatasi keyboard dan Mouse yang tidak berfungsi saat masuk bios, semoga bermanfaat.

Incoming Search Term :
keyboard dan mouse tidak berfungsi di windows
keyboard tidak aktif saat booting
keyboard laptop tidak berfungsi saat masuk windows
install windows 7 keyboard tidak berfungsi
keyboard dan mouse tidak berfungsi saat instal windows
keyboard tidak bisa jalan saat masuk windows tapi di bios jalan
keyboard dan mouse mati saat masuk windows. 

5 Responses to "5 Cara Mengatasi Keyboard Dan Mouse Tidak Berfungsi Saat Instal Windows"

  1. Copot batere CMos gmn maksudnya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di dalam ada baterai yang mirip baterai jam tangan namun agak besar, ya sebesar uang logam lah, biasanya berwarna putih, nah itu di lepas dulu baru di pasangkan lagi.

      Hapus
  2. Halo,,, met sukses!!!! Terimakasih banyak infonya,, komputer saya mouse n keybord jalan lagi, stelah batre CMOS lepas semalam,, pagi pagi saya pasang lagi ,, normal lagi.. Mksih bnyk ya mas ...MANTAFFF

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas bro, makasih udah mampir. salam kenal

      Hapus
  3. ternyata copot baterai cmos adalah solusi untuk mengatasi keyboad tidak berfungsi saat instal. makasih infonya kang

    BalasHapus