Prasangka dan Bahayanya

1. Apa Itu Prasangka ?

PRASANGKA = PRE- JUDGE
FRE ==> SEBELUM
JUDGE ==> MEMUTUSKAN atau  MENGHUKUM
Jadi kalau kita artikan dari asal usul katanya Prasangka berarti Memutuskan atau menghukum Orang lain atau seseorang sebelum kita tahu fakta yang sebenarnya
Meskipun dalam kehidupan sehari hari prasangka itu ada 2 yaitu prasangka butuk dan Prasangka baik. yang dimana dalam kenyataannya paling sering kita temukan adalah Prasangka butuk, yang seharusnya kita hindari.
kita harus belajar untuk melihat dan menilai setiap orang sebagai individu. hargailah setiap manusia. dan jangan mengecap dia (mereka) baik atau buruk, pintar atau Bodoh,kaya atau miskin. hanya berdasakan kesukuan,agama, dan status sosial. Setiap orang punya hak untuk memiliki identitasnya sendiri, bukan karena golongannya.
menilai seseorang pun tidak bisa ditentukan hanya dari kesan pertama kita bertemu. karena itu akan sangat berbahaya,

2. Bahaya Prasangka
==> Mempersempit ruang lingkup pergaulan.
Prasangka bisa membuat dirimu terus curiga. "su'uzan" sama Orang lain. kamu menganggap semua orang di sekelilingmu sebagai ancaman sehingga kamu terasing sendirian.
" Kita tidak bisa mengendalikan pikiran orang lain terhadap kita, Tetapi kita bisa mengendalikan pikiran kita sendiri terhadap Orang lain"

=> Prasangka adalah ciri Kepicikan bepikir
Orang yang suka berprasangka dalam artian berprasangka butuk artinya dia tidak pernah konfirmasi atau KROSCEK. picik banget......
dia terjebak dalam prasangkanya sendiri

Islam mengajarkan Umatnya untuk tidak berprasangka begitu saja terhadap semua berita. kita wajib mengonfirmasi berita itu, jangan sampai kita salah langkah  gara gara salah informasi

dalam Al Qur'an dijelaskan
" Hai orang-orang yang beriman! jika datang seorang fasik kepadamu dengan membawa sebuah berita. maka telitilah kebenarannya"
(QS 49:6)



0 Response to "Prasangka dan Bahayanya"

Posting Komentar