Penyebab Dan Cara Mengatasi Keyboad Mengetik Sendiri

Penyebab Dan Cara Mengatasi Keyboad Mengetik Sendiri - Sedang banyak-banyaknya kerjaan eh malah keyboard error, keyboard mengetik sendiri, keyboard komputer tertekan terus itu membuat pusing dan jengkel apalagi tidak ada keyboard cadangan lengkaplah sudah. suasana tersebut pernah ane alami kemarin, apakah sobat mengalami hal yang sama? Jika benar Yuk simak artikel ini sampai selesai.
Penyebab Dan Cara Mengatasi Keyboad Mengetik Sendiri

Mengatasi masalah keyboard mengetik sendiri - Keyboard merupakan salah satu alat input dan output komputer yang merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang sangat vital, fungsi keyboard cukuplah penting untuk membuat komputer maupun laptop berjalan dengan semestinya. Di laptop sendiri, keyboard diciptakan menyatu dengan badan laptop, sehingga membuat laptop menjadi lebih kompak dan ringkas.

Namun terkadang seringkali muncul berbagai macam masalah yang ditimbulkan oleh keyboard komputer maupun laptop, biasanya terjadi pada keyboard yang sudah lama digunakan tetapi tidak jarang juga keyboard komputer maupun leptop baru sering muncul kendala. ya namanya juga buatan manusia tidak ada yang sempurna, salah satunya adalah penyebab keyboard laptop menyala sendiri.

Penyebab Keyboad Mengetik Sendiri

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab keyboard laptop mengetik sendiri. Apa saja?

1. Banyak kotoran yang menempel sehingga keyboard laptop/komputer bisa mengetik sendiri :

Kotoran yang menempel biasanya berupa debu atau kerikil kecil  dan sisa makanan yang menyelip di bagian tombol keyboard sehingga tombol keyboad mengetik sendiri dan berjalan sendiri dan oversensitif. 

Kok Bisa Kerikil masuk ke Sela-sela Keyboad ?

Pertanyaan ini mungkin terbesit dibenak sobat, namun perlu sobat sadari bahwa ruangan tempat kita kerja yang jarang dibersihkan sehingga banyak debu, ataupun penggunaan leptop diluar ruangan seperti, cafe,taman,lapangan dan lokasi terbuka lainnya yang menjadi penyebab debu masuk ke keyboard leptop sobat.

Kebiasaan ngemil sambil bermain leptop sambil nonton film atau sekedar buka media sosial juga dapat memicu kotoran yang berupa sisa sisa makanan yang masuk ke keyboard.


Cara mengatasi hal ini?

Untuk mengatasinya cukuplah simple yaitu dengan cara sobat membersihkan keyboard secara rutin dan jangan tunggu keyboard sobat bermasalah

Berikut adalah langkah langkah melakukan pembersihan pada keyboard namun perlu sobat ingat bahwa memberisihkan keyboard harus hati-hati kalau tidak maka akan merusak komponen-komponen keyboard dan tentu saja ini akan berakibat fatal bukan membersihkan malah jadi merusaknya. 


  1. Gunakan pisau cutter atau benda keras tipis lainnya yang bisa digunakan untuk mencongkel tombol keyboard yang mengalami error tersebut.
  2. Kemudian simpan dengan baik tombol keyboard yang sobat congkel, dan ingat-ingat posisi tombol keyboard tersebut.
  3. Selanjutnya sobat akan melihat keyboard, yang berbentuk bulat, dan dikelilingi sebuah karet kotak berwarna hitam (mungkin berbeda-beda setiap merk laptop).
  4. Yang harus sobat lakukan yaitu, gesekkan perlahan cutter atau benda tajam yang sobat gunakan untuk mencongkel tadi pada bagian keyboard.
  5. Berhati-hatilah dalam membersihkan, karena apabila terlalu kasar, maka akan menyebabkan kerusakan pada PCB keyboard.
  6. Setelah selesai, bersihkan kembali dengan menggunakan tisu atau lap kering (lebih baik menggunakan microfiber).
  7. Kemudian pasang kembali tombol keyboard yang sobat buka tadi.
Itulah cara mengatasi masalah keyboard laptop yang sering mengetik sendiri.

2. Tombol keyboard menempel dengan keyboard karena terlalu sering ditindih oleh benda berat

Penyebab kedua dari keyboard laptop mengetik sendiri adalah bisa terjadi karena kesalahan kita juga sebagai user, atau yang dikenal sebagai human error. Biasanya, secara tidak sadar, kita sering meletakkan sesuatu yang sangat berat di bagian keyboard. Hal ini akan menyebabkan keyboard menjadi tertekan sangat keras dan sangat kuat, sehingga tombol keyboard menjadi sangat sensitive.

Selain itu, bisa juga kita yang hobi bermain game, terlalu sering memencet satu atau lebih timbol secara ekstrim. Biasanya hal ini akan menyababkan kondisi keyboard laptop menjadi sangat sensitive, dan bisa membuat keyboard mengetik sendiri.

Kebanyakan masalah Keyboard bisa ngetik sendiri itu dikarenakan bantalan ketikan sudah turun. Kalo sobat bongkar keyboard akan ditemuka di bawah setiap tuts ada "bantalan" karet yg berbentuk seperti mangkok terbalik. Bantalan itulah yg membuat tuts bisa balik ke atas tiap kali diketik. Nah di bawah bantalan itu ada mekanisme. Bagian itu yg paling sering rusak.

Sering, tuts tertekan ke bawah dan tidak bisa mental ke atas. Kalo sudah begitu, tersentuh seidkit saja, tuts akan terus-terusan mengetik sendiri karena mekanisme di bawah bantalan itu tertekan.

Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mengatasi penyebab keyboard laptop tertekan terus dan mengetik sendiri akibat tekanan benda keras dan akibat terlalu sering ditekan, maka sobat bisa membersihkan keyboard seperti cara pertama namun jika kerusakan mengetiknya sudah terlalu parah maka sobat mau tidak mau harus mengganti dengan keyboard baru

Namun Jika yang errornya atau mengetiknya hanya 1 atau 2 Tombol sobat bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menonaktifkan beberapa tombol yang error tersebut. ya cara ini bisa dibilang alternatif untuk mengatasi keyboad leptop atau komputer yang sering mengetik sendiri tentunya sebelum sobat mempunyai uang untuk membeli keyboad leptop baru

Cara Mengatasi Keyboard megetik sendiri dengan menonaktifkan tombol

Cara menonaktifkan/disable tombol keyboad sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi keyboad yang error dan mengetik sendiri yaitu dengan bantuan salah satu aplikasi yang bernama  KeyTewak dengan aplikasi ini sobat bisa menonaktifkan tombol yang ngetik sendiri

Nah sobat silahkan unduh KeyTweak dan lihat cara penggunaannya

cara mengatasi keyboard mengetik sendiri dengan nonaktifkan tombol
  • Klik Disable key
  • Selanjutnya klik Apply
Pada gambar diatas yang dinonaktifkan adalah tombol nomor 41 yaitu tanda ( ' ) karena yang erronya tombol tersebut, setelah klik apply maka komputer akan restart dan tunggu beberapa saat sampai komputer hidup kembali dan tombol yang mengetik sendiri pun sudah nonaktif dan sobat tidak pusing lagi. 

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Keyboad Mengetik Sendiri"

Posting Komentar